Jumat, 11 November 2016

Cara mengatasi diare pada orang dewasa dan anak

Tags

IKLAN
IKLAN

Baca Juga

Cara mengatasi diare pada orang dewasa dan anak - Penyakit diare bisa terjadi pada orang dewasa dan anak termasuk anak yang masih bayi. Penyakit diare dapat menyerang kapan saja tanpa mengenal musim baik musim kemarau atau musim penghujan. Penyakit diare ini sering terjadi pada saat musim penghujan dikarenakan kondisi lingkungan tempat tinggal kotor akibat genangan air terutama pada tempat yang sering terkena banjir.

Diare merupakan penyakit yang ditandai dengan seringnya Buang Air Besar (BAB) dibandingkan dengan biasanya dan terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam serta tinja berubah jadi cair atau encer. Pada umumnya diare terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan bakteri dan virus. Pengertian diare menurut Wikipedia

Cara mengatasi diare pada orang dewasa dan anak

Cara mencegah diare pada anak


Secara umum penyakit diare disebabkan infeksi kuman, bakteri, alergi, kurang gizi, virus serta parasit yang ada didalam tubuh. Diare yang terjadi pada anak disebabkan oleh rotavirus terutama pada bayi yang masih umur 2 tahun. Rotavirus merupakan virus yang menyebabkan diare pada anak-anak atau bayi dan virus ini dapat menular pada orang lain.

Cara mencegah diare dengan mudah


Diare bukan cuma berdampak pada penderita tetapi juga sangat berpotensi menular kepada anggota keluarga.
Oleh sebab itu lakukan beberapa cara mencegah diare berikut ini
  • Mencuci tangan sebelum makan.
  • Menjauhi makanan yang kurang bersih dan tidak minum air keran.
  • Memisahkan makanan yang mentah dari yang matang.
  • Makan makananan yang segar.
  • Menyimpan makanan di kulkas

Cara mengatasi diare dengan cepat

  • Memberi Oralit untuk memasok cairan tubuh yang hilang akibat dehidrasi karena banyak cairan yang keluar. Caranya silahkan campur garam dan gula ke dalam 1 gelas air putih lalu diminum sedikit demi sedikit untuk mengindari muntah dan buang air.
  • Makan Bubur buat penderita silahkan beri bubur atau makanan yang terbuat dari tepung beras atau pisang agar mudah dicerna.
  • Air Putih dan ASI perbanyak untuk minum air putih bagi orang dewasa dan ASI untuk bayi agar dapat menggantikan cairan tubuh yang banyak keluar dan dapat menghilangkan rasa sakit pada perut dan mengeluarkan gas yang terdapat dalam perut.

Cukup sekian untuk artikel Cara mengatasi diare pada orang dewasa dan anak semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon